TENTANG KAMI


Minanga Group

Minanga Group adalah perusahaan yang menjalankan bisnis perkebunan dan pabrik kelapa sawit (CPO) yang kegiatan usahanya meliputi, mengolah, dan menjual minyak sawit mentah dan inti kelapa sawit. Minanga Group mulai beroperasi dengan pembentukan PT Perkebunan Minanga Ogan pada tahun 1981 di Baturaja, Sumatera Selatan, dan pabrik pertama perusahaan ini dibangun pada tahun 1987. Baru-baru ini, Minanga Grup telah berhasil melakukan peremajaan kebun seluas 6.192 Hektar. Kemudian terhitung pada bulan Mei 2014 perusahaan telah memulai operasional pabrik yang kedua. Penurunan produksi drastis yang disebabkan oleh penuaan pohon, telah mendorong tim manajemen perusahaan untuk menyelesaikan peremajaan dalam waktu tiga tahun sejak tahun 2011. Pada tahun yang sama, Minanga Group memperluas perkebunannya untuk menanam 3.031 hektar perkebunan inti dan 795 hektar perkebunan plasma di Kalimantan Timur.

Sosok Di balik Minanga

Alm. Prof. Mr. H. Makmoen Soeleiman - Founder

Almarhum Bapak Makmoen adalah seorang pendidik, guru besar hukum adat, pengacara, pendiri dan mantan presiden direktur Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan (sekarang Bank Sumsel Babel), sebelum akhirnya mendirikan PT Perkebunan Minanga Ogan pada tahun 1981. Beliau adalah sosok penting dalam tumbuhnya Minanga Group. Selaku founder senantiasa beliau selalu menerapkan disiplin dan jujur dalam bekerja.

Alm. H. Akhmad Zawawi Soeleiman - Founder

Almarhum Bapak Zawawi merupakan pengusaha yang berpengalaman dan telah menghabiskan sebagian besar hidupnya sebagai pedagang kopi. Sebagai putra daerah asli Sumatera Selatan, kakak beradik ini sangat berdedikasi untuk mengembangkan tanah kelahiran mereka. Sejak meninggalnya Bapak Makmoen di awal tahun 2007, praktis Bapak Zawawi menjalankan seluruh operasional perusahaan hingga tahun 2015.

Manajemen Minanga

Nursani Mona Surya - Presiden Direktur

Sebelum menjabat sebagai Presiden Direktur, Ibu Nursani Mona Surya sudah menjalankan operasi di perusahaan sebagai Deputi Presiden Direktur sejak 2008. Ibu Mona lahir dan dibesarkan di Jakarta. Setelah tamat dari bangku SMA, beliau meneruskan pendidikannya hingga selesai di Universitas Pertanian terbaik di Indonesia yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 1989. Setelah mendapat gelar Insinyur, Ibu Mona Surya mulai bekerja selama hampir delapan tahun di Citibank dan satu tahun bekerja di The Bank of Tokyo. Selain pengalamannya selama 15 tahun di bidang industri kelapa sawit, dia juga sangat aktif terlibat sebagai Pengurus yang berpengaruh di organisasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) sejak tahun 2006, kemudian pada tahun 2015 menjabat sebagai Wakil Ketua sampai dengan sekarang.

Yazid Kanca Surya - Direktur Keuangan dan Umum

Bapak Kanca Surya mulai bergabung dengan Minanga Group pada tahun 1994, dan sejak saat itu beliau bertanggung jawab dalam penjualan dan bisnis perdagangan Unit Minanga Group dan sebagai kepala Group pengembangan bisnis Minanga, sebelum akhirnya menjabat sebagai Direktur Keuangan. Selain pengalaman 20 tahun yang dimiliki beliau dalam bisnis kelapa sawit, Bapak Kanca juga merupakan CEO dari PT Karyakanca Indrantara, sebuah perusahaan penambangan pasir yang didirikan oleh beliau bersama dengan ayahnya Pak Zawawi, pada tahun 1995. Bapak Kanca Surya merupakan Lulusan dari Strayer College pada tahun 1993 dengan gelar BSc dalam Jurusan Sistem Informasi Komputer. Beliau juga aktif sebagai arbiter di Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi dan Komisaris di PT Bursa Berjangka Jakarta (Jakarta Futures Exchange).

Parlindungan Siregar - Direktur Operasional

Bapak Parlindungan Siregar lahir di Tanjung Balai, Sumatera Utara. Beliau merupakan Lulusan dari Universitas Sumatera Utara dengan gelar Sarjana Pertanian pada tahun 1988. Setelah tamat pendidikannya, beliau memulai karir di dunia kelapa sawit di PT Sadang Mas. Dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di lapangan, beliau telah menghabiskan hampir seluruh karirnya di industri perkebunan dengan dimulai dari asisten lapangan, manajer kebun, general manager, dan kepala daerah di berbagai ukuran perusahaan sebelum kemudian menjadi Direktur Operasional di Minanga Group. Bapak Parlindungan bergabung dengan Minanga Grup pada tahun 2010 dan memimpin upaya penanaman milik perusahaan di Sumatera Selatan dan pengembangan lahan di Kalimantan Timur.